google-site-verification=JSLgCQYxCVKRF93-qPNgVSkvul4V0FSzF1oweO4wWcU Dahsyat ! Inilah Manfaat Daun Sukun yang Jarang Diketahui

Dahsyat ! Inilah Manfaat Daun Sukun yang Jarang Diketahui

manfaat daun sukun untuk kesehatan
Ilustrasi: manfaat daun sukun untuk kesehatan
Manfaat daun sukun untuk kesehatan. Di sekitar kita sebenarnya banyak sekali bahan alami yang berguna untuk kesehatan. Tapi sayangnya mungkin kita belum tau tentang hal tersebut. Seperti halnya kasiat dari daun sukun. Mungkin sebagian besar orang belum mengetahui khasiat dari tanaman ini. 
Tanaman sukun ini hampir sama dengan tanaman kluwih. Hanya saja buah sukun tidak berbiji. Sebenarnya sebagian besar dari kita sudah memanfaatkan tanaman ini. Tetapi hanya sebagai bahan makanan.

Manfaat Daun Sukun untuk Kesehatan

Berikut ini beberapa manfaat dari daun tanaman sukun yang mungkin sebagian orang belum mengetahuinya: 

1 Untuk mengobati asam urat

Untuk mengatasi masalah asam urat kita dapat memanfaatkan daun sukun ini. Caranya cukup mudah yaitu kita pilih daun sukun yang segar dan tidak berlubang. Kemudian daun tersebut kita cuci lau kita keringkan. Setelah kering campurkan daun tersebut dengan air mendidih layaknya membuat teh hangat. Untuk mengurangi rasa pahit kita bisa menambahkan gula batu atau madu.

2. Untuk menurunkan kadar kolesterol

Kadar kolesterol dalam tubuh kita dapat berkurang dengan menggunakan daun sukun ini. Caranya yaitu cukuplah mudah. Pertama-tama  kita pilih daun sukun yang segar dan tak berlubang. Kemudian kita jemur sampai kering. Setelah itu sedikan juga bangle. Lalu kita seduh kedua bahan tersebut dengan air panas. Lakukan penyeduhan tesebut layaknya membuat teh. Untuk mengurangi rasa pahit campurkan madu atau gula batu.


3.Baik untuk penderita diabetes

Salah satu khasiat dari daun sukun yaitu untuk menurunkan kadar gula dalam peredaran darah. Tentu saja hal ini sangat baik untuk penderita diabetes. Dengan mengkonsumsi daun sukun kering ini penderita diabetes dapat mengontrol kadar gula darah dalam tubuhnya. Dalam daun sukun terdapat senyawa yang disebut flavonoid. Senyawa tersebut memiliki sifat sebagai anti diabetes. Tentu saja apabila dikonsumsi daun sukun terebut dapat menghindarkan dari penyakit diabetes.

4. Sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung

Selain berguna sebagai anti diabetes, daun sukun kering juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung kita. Dalam daun sukun tersebut terdapat zat yang disebut baki quercetin dan fenol. Kedua zat ini mempunyai manfaat untuk menurunkan tekanan darah sehingga terhindar dari penyakit hipertensi. Selain itu zat tersebut juga berguna untuk menyetabilkan tekanan darah dalam tubuh sehiingga terhindar dari resiko serangan jantung maupun stroke.

5. Mengobati penyakit asam urat

bagi sobat sehat yang memiliki riwayat asam urat bisa mencoba mengkonsumsi daun sukun ini. Daun sukun ini dipercaya mampu mengobati asam urat. Kandungan senyawa anti imflamasi yang terdapat pada daun sukun inilah yang bermanfaat untuk mencegah peradangan pada persendian dan asam urat.

6. Mencegah penyakit kanker

Meskipun hanya sampah, daun sukun kering ini juga berkhasiat untuk mencegah penyakit kanker. Dalam sukun ini mengandung senyawa flavonoid dan riboflavin. Kedua zat ini berguna untuk menghambat pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh. Apabila daun sukun ini dikonsumsi secara rutin maka kita akan terhindar dari resiko penyakit kanker.

Selain untuk mengobati penyakit yang telah disebutkan di atas. Sebenarnya daun sukun ini juga berkhasiat untuk mengobati penyakit yang lainnya seperti: penyakit ginjal, jantung, inflamasi. Cara penggunaannya juga sama, yaitu hnya kita seduh dengan air panas layaknya kita buat teh hangat. Jika tidak suka pahit, kita bisa menambahkan gula atau madu sesuai selera kita.

Nah, itulah beberapa manfaat daun sukun bagi kesehatan. bagi yang sedang mengalami sakit yang telah disebutkan di atas boleh mencobanya. Semoga cepat sembuh dan tidak lagi kambuh.
LihatTutupKomentar