google-site-verification=JSLgCQYxCVKRF93-qPNgVSkvul4V0FSzF1oweO4wWcU 6 Cara Mudah Ini Dipercaya Mampu Mengatasi Nyeri Haid

6 Cara Mudah Ini Dipercaya Mampu Mengatasi Nyeri Haid

cara mengatasi nyeri haid
Ilustrasi: mengatasi nyeri haid

Rasa nyeri saat menstruasi tentu saja membuat sobat merasa tidak nyaman, bahkan mengubah mood seorang wanita. Selain itu akan mengganggu aktivitas sobat di tiap bulannya. Sebenarnya ada beberapa tips yang bisa sobat lakukan untuk mengatasi nyeri haid secara alami dan aman. Dan pada kesempatan kali ini, kami akan membagikan info tentang 6 cara meredakan nyeri haid dengan mudah. 

Berikut ini beberapa tips atau cara untuk mengobati nyeri saat haid tiba:

1. Dengan ramuan kunyit dan asam


Ramuan kunyit dan asam sejak dulu dipercaya dapat mengurangi bahkan menghilangkan nyeri saat haid. Sobat bisa mendpatkan ramuan tersebut pada penjual jamu tradisional. Atau lebih aman dan sehat sobat juga dapat membuat ramuan tersebut sendiri di rumah.

Cara membuatnya; Pertama-tama kita ambil beberapa rimpang kunyit lalu kita cucu sampai bersih. Setelah dicuci kupas kulit kunyit tersebut lalu kita parut. Setelah itu kita tambahkan sedikit air lalu kita peras. Perasan kunyit tersebut digunakan untuk  sari kunyit. Selanjutnya sari kunyit kita tambahkan gula merah dan asam jawa. Kemudian kita rebus bahan tersebut sampai mendidih. Minumlah air rebusan tersebut selagi hangat. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal minum secara rutin.

2. Konsumsi makanan yang kaya zat besi


Saat haid wanita rentan mengalami anemia. Untuk mencegah hal tersebut sobat bisa mengonsumsi makanan yang kaya zat besi seperti beberapa sayuran hijau dan kacang-kacangan. Zat besi ini berguna untuk membantu pembentukan sel darah merah. 

3. Melakukan olahraga ringan


Cara yang lain untuk mengatasi nyeri ketika haid dapat dilakukan dengan olahraga ringan. Cara ini dapat membantu melancarkanperedaran darah. Sehingga rasa nyeri haid bisa dihindari minimal berkurang.

4. Perbanyak waktu untuk istirahat


Saat sobat sedang haid perbanyaklah istirahat. Dengan istirahat yang cukup akan membuat tubuh kita merasa lebih nyaman dan bugar. Saat haid hindari begadang. Sobat juga bisa melakukan tidur siang selama 30-60 menit untuk menjaga kebugaran tubuh. Sehingga dapat mengurangi nyeri saat haid.

5. Hindari menggunakan pakaian ketat


Dengan mengenakan pakaian longgar, maka peredaran darah dalam tubuh kita menjadi lancar . Sehingga mempengaruhi gerakan tubuh kita. Dengan berpakaian yang tidak ketak dapat mengurangi rasa nyeri saat haid.

6. Kompres dengan air hangat


Untuk mengurangi rasa nyeri saat haid, kita bisa mengompres perut bagian bawah dengan memakai botol yang berisi air hangat. Selain itu sobat bisa juga menggunakan handuk yang telah direndam pada air hangat. Cara ini mampu melancarkan peredaran darah pada bagian tubuh yang nyeri. Selain itu, cara alami ini dapat membantu membuat otot di sekitar perut menjadi lebih rileks.


Itulah beberapa tips yang bisa sobat lakukan untuk mengatasi nyeri haid secara alami dan sehat. Jika sobat mengalami nyeri haid yang sangat hebat, maka sebaiknya segera konsultasi ke dokter spesialis. Agar sobat segera mendapatkan penanganan yang tepat. Terima kasih.



Referensi : http:// alodokter.com dan http://kinisehat.com
LihatTutupKomentar