google-site-verification=JSLgCQYxCVKRF93-qPNgVSkvul4V0FSzF1oweO4wWcU Rugi Tak Coba, Inilah Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan

Rugi Tak Coba, Inilah Manfaat Mentimun Untuk Kesehatan

manfaat mentimun untuk kesehatan
Ilustrasi: manfaat mentimun untuk kesehatan dan kecantikan

Mentimun adalah buah yang sangat mudah ditemukan di Indonesia. Buah atau sayuran ini mudah diolah dan biasanya di konsumsi sebagai lalapan sebab memiliki rasa yang segar. Ternyata mentimun memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh lho!

Mentimun mengandung mineral dan vitamin dan juga terdapat vitamin K yang tinggi. Vitamin tersebut mampu membantu tubuh untuk melawan berbagai penyakit dan juga dapat menurunkan risiko obesitas. Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh, jus mentimun juga berguna untuk kecantikan. Berikut manfaat jus mentimun bagi tubuh dan kecantikan.

1. Mengeluarkan racun


Rutin menginsumsi jus mentimun adalah salah satu cara yang ideal untuk membuang racun yang mengendap dalam tubuh. Jus mentimun juga dapat membersihkan racun yang berada dalam ginjal.

2. Atasi encok dan rematik


Sebagaimana yang dikutip dari kompas.com (17/08/2011), jus mentimun mengandung vitamin A, B1, B6, C dan D serta folat, magnesium, dan juga kalsium. Ketika dicampur dengan jus wortel bisa membantu menurunkan asam urat bagi mereka yang mengalami nyeri sendi.

3. Menurunkan berat badan


Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, jus mentimun dapat membantu Anda untuk mewujudkan itu. Sebab dalam mentimun mengandung serat yang tinggi dan kandungan nutrisi di dalamnya juga dapat membantu memastikan tubuh Anda sudah terpenuhi akan nutrisi.

4. Menurunkan tekanan darah tinggi


Rutin mengonsumsi jus mentimun juga membantu untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Hal tersebut dikarenakan adanya potassium dan magnesium dan serat di dalamnya.

5. Menyuburkan rambut 


Dalam mentimun terdapat kandungan silika. Mengonsumsi jus timun yang dicampur dengan bayam, wortel dan selada dapat membantu Anda dalam menyuburkan rambut. Kandungan silika berada dalam jaringan ikat dalam tubuh. Senyawa tersebut dapat membantu pertumbuhan rambut sehingga bila rajin mengonsumsi makanan yang mengandung silika, maka Anda akan memiliki rambut yang sehat, bagus dan juga tulang yang sehat.

6. Diabetes 


Jus mentimun juga dipercaya bisa membantu menyembuhkan pasien diabetes. Kandungan mineral seperti mangan sangat bermanfaat untuk mensintesis insulin alami dalam tubuh.

Manfaat Mentimun untuk kecantikan

Ada beberapa manfaat mentimun selain untuk kesehatan, yaitu untuk kecantikan. Dan berikut ini manfaat mentimun bagi kecantikan, antara lain:

1. Menghilangkan bekas jerawat


Ambil sedikit jus mentimun pada kapas, kemudian tempelkan pada area yang memiliki bekas jerawat. Lakukan cara ini dengan rutin dua kali sehari, maka bekas dari jerawat akan pudar dengan sendirinya.

2. Toner


Mentimun dapat dijadikan toner alami yang bisa membantu mengecilkan pori-pori kulit wajah. Parut mentimun sampai halus, kemudian tambahkan sedikit air, lalu terapkan pada wajah hingga merata. Biarkan selama lima menit dan bilas dengan air sampai bersih, dikutip dari liputan6.com (06/08/2016).

3. Mengurangi kulit berminyak


Manfaatkanlah mentimun untuk masker yang bisa mengurangi kadar minyak di wajah. Haluskan mentimun dan oleskan pada wajah hingga merata. Sebelum menggunakan masker, sebaiknya cuci muka dahulu hingga bersih. Diamkan kurang lebih 20 menit kemudian bersihkan dengan air hingga bersih.

Nah itulah beberapa manfaat mentimun untuk kesehatan dan kecantikan. Ternyata buah sayuran ini banyak manfaatnya ya. Tertarik untuk mencobanya?
LihatTutupKomentar