google-site-verification=JSLgCQYxCVKRF93-qPNgVSkvul4V0FSzF1oweO4wWcU 4 Resiko Kesehatan Pada Pekerja Shift Malam yang Jarang Diketahui

4 Resiko Kesehatan Pada Pekerja Shift Malam yang Jarang Diketahui

resiko kesehatan pada pekerja shift malam
Ilustrasi: resiko kesehatan pada pekerja shift malam


Bekerja dengan sistem shift adalah hal yang tidak mudah.Sekarang ini banyak ahli yang melakukan penelitian tentang dampak kesehatan bagi seseorang yang bekerja yang mendapat giliran shift malam.Banyak ahli yang berpendapat bahwa jam kerja yang tidak teratur dalam jangka waktu yang lama dapat berdampak kurang kurang baik bagi kesehatan. Pada kesempatan kali ini kami akan berbagi informasi tentang 4 resiko kesehatan pada pekerja shift malam yang jarang diketahui.

Menurut Mustar Cameron, yang merupakan seorang peneliti kesehatan dan juga presiden dari Institute for Work and Health di Kanada, mengungkapkan bahwa, "Ketika sedang bekerja shift malam, di situ merupakan waktu Anda untuk tidur. Akibatnya, Anda akan mengalami konflik dengan jam biologis anda ."

4 Resiko Kesehatan Pada Pekerja Shift Malam


Seperti dilansir dari kolomherbal.com (6/7/2017) efek negatif bagi kesehatan seseorang dengan shift malam dalam jangka watu yang lama adalah:

1. Terganggunya Jadwal Tidur


Pekerja shift dapat digolonnkan sebagai kelompok yang mempunyi waku tidur yang kurang kata Dr Charles Samuels,beliau juga menambahkan, pekerja shift umumnya akan lebih sulit tidur pada siang hari karena mengalami pertentangan dengan jam alamiah tidur. Sekitar 10% dari orang bekerja shift mengalami masalah tidur seperti insomnia.

2. Resiko Penyakit Jantung Meningkat


Seseorang yang bekerja dengan shift malam yang lama mempunyaai resiko penyakit jantung yang tinggi pula.Berdasarkan penelitian melibatkan 34 studi dan hasilnya memperlihatkan bahwa pekerja yang bekerja pada malam hari memiliki risiko 7% terkena serangan jantung, 1,6 stroke iskemik, dan 7,3% jantung koroner.

3. Menjadi Obesitas


Penelitian di Bringham and Women’s Hospital mengungkapkan bahwa tidur terlalu sebentar atau tidak sesuai dengan jam tubuh akan menyebabkan obesitas. Obesitas terjadi karena adanya penurunan leptin (hormon yang mengatur berat badan) dan dapat meningkatkan selera makan meningkat dua kali lipat.

4. Resiko Tinggi Terkena Diabetes type 2


Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan di jurnal Occupational & Environmental Medicine terhadap 226.652 partisipan, mereka yang bekerja pada shift malam hari memiliki risiko 1,09 kali lebih besar mengidap diabetes. Lalu, studi berikutnya dalam jurnal PLoS Medicine memperlihatkan bahwa pekerja yang memiliki waktu kerja shift berisiko mengidap diabetes tipe 2, hal itu disebabkan oleh dampak pergantian waktu terhadap aktivitas insulin yang menyebabkan naiknya gula darah dalam tubuh.

Bekerja dengan sift malam dalam jangka waktu yang lama menggakibatkan tubuh menjadi mudah lelah.Idalny tubuh memerlukan tidur dimalam hari untuk menggembalikan stamina tubuh.Namun karena tanggung jawab pekerjaan yang membuat tubuh tidak daapat tidur di malam hari sehingga beberapa penyakit dapat muncul.

Mungkin hanya ini yang bisa kami sampaikan mengenai 4 resiko kesehatan pada pekerja shift malam yang jarang diketahui. Semoga artikel ini bisa bermanfaat.
LihatTutupKomentar