google-site-verification=JSLgCQYxCVKRF93-qPNgVSkvul4V0FSzF1oweO4wWcU 7 Manfaat Minum Air Hangat Setiap Pagi, Rugi Tak Coba

7 Manfaat Minum Air Hangat Setiap Pagi, Rugi Tak Coba

manfaat minum air hangat setiap pagi
Ilustrasi: 7 manfaat minum air hangat setiap pagi

Banyak orang setelah bangun pagi langsung minum air dingin. Hal tersebut dianggap dapat menyegarkan tenggorokan dan menghilangkan rasa kantuk yang tersisa. Namun, tahukah Anda bahwa setelah bangun pagi mengonsumsi air hangat lebih baik dari pada air dingin? Nah, pada kesempatan kali ini kami akan membagikan info tentang 7 Manfaat Minum Air Hangat Setiap Hari, Rugi Tak Coba.

"Dokter menganjurkan untuk mengonsumsi air hangat di pagi hari, biasanya dengan menggunakan rendaman lemon yang mengandung banyak kandungan polifenol, atau dengan teh yang sudah terbukti mampu mengurangi aktivitas radikal bebas dalam tubuh. Mengonsumsi air hangat mampu meningkatkan kekencangan usus dan juga mengatur pergerakan usus," kata Metsovas dikutip dari jpnn.com (27/10/2017).

Manfaat Minum Air Hangat 


Ketika tertidur semalaman, kita akan kehilangan banyak cairan. Dengan cara mengonsumsi air putih, Anda bisa terhindar dari dehidrasi. Manfaat air putih tersebut juga akan semakin bertambah jika memilih air putih hangat. Berikut beberapa manfaat air putih hangat jika dikonsumsi setiap pagi, seperti yang dikutip dari lifehack.org (5/9/2017) dan 1health.id (30/10/2017).

1. Mendetoksifikasi tubuh


Rutin mengonsumsi air putih hangat setiap pagi membantu membersihkan racun dari dalam tubuh. Bila Anda mengalami gangguan pencernaan, disarankan rutin mengonsumsi air hangat setiap pagi. Air hangat akan membantu menaikkan suhu tubuh dan tubuh pun mulai berkeringat. Proses inilah yang dimaksud detoksifikasi.

2. Menurunkan berat badan


Jika Anda sudah mencoba berbagai cara untuk menurunkan berat badan namun tidak membuahkan hasil, Anda bisa mencoba minum air hangat setiap pagi. Salah satu ramuan untuk menurunan berat badan yang terbukti efektif yaitu dengan menambahkan perasan lemon dalam segelas air hangat. Minuman tersebut berguna untuk memudahkan lemak dalam tubuh mudah terurai dan juga perut tidak cepat merasa lapar.

3. Meningkatkan sirkulasi darah


Bila Anda hanya mengetahui manfaat mandi dengan air hangat bisa membantu melancarkan peredaran darah, maka mengonsumsi air putih hangat juga memberikan manfaat demikian. Ketika aliran darah Anda sehat, maka akan menurunkan risiko terkena penyakit tekanan darah dan penyakit kardiovaskular.

4. Menghambat penuaan kulit


Manfaat lain dari mengonsumsi air hangat setiap pagi yaitu bisa membersihkan racun dalam jaringan kulit. Sehingga kulit terlihat bersih dan elastisitas kulit akan tetap terjaga.

5. Meringankan kram perut akibat menstruasi


Bagi wanita yang sedang mengalami menstruasi, air hangat bisa membantu Anda dalam mengurangi rasa nyeri di bagian perut yang disebabkan menstruasi. Air hangat akan menenangkan otot-otot di bagian perut sehingga Anda terhindar dari kram.

6. Meningkatkan kemampuan pencernaan


Saat Anda terbiasa mengonsumsi air putih setiap pagi, maka tubuh akan meningkatkan pencernaan menjadi lebih baik. Air hangat juga dapat membantu melancarkan berbagai macam sisa-sisa lemak dalam pencernaan untuk segera dikeluarkan dari tubuh, sehingga pencernaan menjadi lebih sehat.

7. Mencegah sembelit


Tubuh yang kurang cairan bisa mengakibatkan sembelit. Ketika kotoran memenuhi usus Anda, maka gerakan usus menjadi lebih lambat. Dengan rutin mengonsumsi air hangat setiap pagi, maka dapat membantu untuk mengurai makanan dan membuat gerakan partikel dalam usus menjadi lebih halus, yang akhirnya dapat mencegah sembelit.

Nah, itulah 7 manfaat minum air hangat setiap pagi. Usahakan setiap mengonsumsi air hangat perut dalam keadaan kosong atau belum mengonsumsi apa-apa. Yuk dicoba, agar mendapatkan manfaat diatas.
LihatTutupKomentar