google-site-verification=JSLgCQYxCVKRF93-qPNgVSkvul4V0FSzF1oweO4wWcU Mengejutkan, Inilah 7 Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan

Mengejutkan, Inilah 7 Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan

manfaat daun kemangi
Ilustrasi: manfaat daun kemangi untuk kesehatan

Masyarakat Indonesia biasanya memanfaatkan daun kemangi sebagai lalapan. Bentuk daun kemangi ini mirip dengan daun selendri. Daun kemangi ciri-cirinya kecil, baunya gak khas dan rasanya getir pahit. Karena rasa dan baunya ini sebagian orang tidak suka dengan daun kemangi ini. Padahal selain untuk lalapan, daun kemangi ini dapat dimnfaatkan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Berikut ini manfaat daun kemangi bagi kesehatan.Ternyata selain untuk lalapan daun kemangi memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. 

Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan

Bukan hanya untuk lalapan saja, ternyata daun kemangi juga bisa kita manfaatkan untuk keperluan kesehatan, antara lain:

1. Mengatasi stroke

Daun kemangi mengandung zat isoflavon yang berguna untuk meningkatkan fungsi pembuluh nadi pada sistem peredaran darah. Bagi pasien pasien stroke mengkonsumsi daun kemangi ini dapat membantu proses penyembuhannya.

2 Meredakan msuka angin dan demam pada balita

Daun kemangi selain bisa dimanfaatkan untuk mengobati stroke, daun ini juga dapat meredakan masuk angin dan demam pada balita. Untuk mengobati masuk angin dan demam biasanya daun kemangi diremas-remas dengan bawang merah dan minyak kelapa. Setelah lembut dioleskan ke perut, dada, dan punggung balita. 

3. Menyehatkan mata dan mulut

Daun kemangi mengandung vitamin A yang berguna untuk kesehatan mataselin itu dun kemangi yang memiliki aroma yang khas mampu mengusir bau tak sedp dari mulut kita. Daun kemangi bisa pengganti daun mint untuk menyegarkan nafas mulut kita.

4. Mengatasi keputihan

Dalam daun kemangi memiliki kandungan senyawa eugenol. Zat ini berguna untuk  membunuh bakteri dan  jamur penyebab keputihan. Jadi, apabila sobat mengalami masalah keputihan, rajin-rajinlah mengkonsumsi daun kemangi ini. Daun kemangi ini tidak disarankan untuk dijadikan sabun kewanitaan karena akan menyebabkan iritasi. Untuk mengetahui makanan penyebab keputihan bisa baca di sini.

5. Sebagai Anti inflamasi

Daun kemangi kaya akan kandungan kalsium yang berguna untuk kesehatan tulang. Kalsium dalam daun kemangi ini  bermanfaat sebagai anti inflamasi yang berguna untuk menyembuhkan radang pada sendi. Selain itu daun kemangi juga dapat mencegah  penyakit pengeroposan tulang atau osteoporosis.

6. Kesehatan jantung

Berdasarkan penelitian para ahli, daun kemangi bermanfaat untuk  memelihara kesehatan jantung. Karena di dalam daun kemangi terdapat kandungan betakaroten dan magnesium. Keduanya  mineral ini bermanfaat untuk menjaga dan memelihara kesehatan jantung.

7. Sebagai antiradang

Dalam daun kemangi terdapat kandungan zat cineole, myrcene dan eugenol. Ketiga zat ini berguna sebagai antibiotik alami. Selain itu daun kemangi dipercaya mampu mengobati peradangan pada tenggorokan.  

Selain berguna untuk mengobati penyakit yang telah disebutkan di atas, daun kemangi juga dapat  meredakan stres, mengatasi batu ginjal, dan mencegah diabetes. Mungkin hanya ini yang bisa kami bagikan tentang manfaat daun kemangi untuk kesehatan.
LihatTutupKomentar