google-site-verification=JSLgCQYxCVKRF93-qPNgVSkvul4V0FSzF1oweO4wWcU 7 Manfaat Mentimun Untuk Wajah, Kamu Harus Coba

7 Manfaat Mentimun Untuk Wajah, Kamu Harus Coba

Manfaat Mentimun Untuk Wajah


Manfaat mentimun untuk wajah - Perlu kita ketahui bahwa timun atau mentimun selama ini digunakan sebagai lalapan. Sebanarnya ada banyak kegunaan mentimun untuk kesehatan, khususnya kulit. Mentimun merupakan jenis sayuran yang berasal dari Asia Selatan yang dikenal kaya akan sumber air, serta mengandung zat alami yang dinamakan lignan dan cucurbitacin.

Untuk selengkapnya kita akan membahas tentang manfaat mentimun untuk wajah yang berjerawat, manfaat mentimun untuk wajah, manfaat mentimun untuk wajah dan cara penggunaannya, manfaat mentimun untuk wajah berjerawat.

Cara menghilangkan jerawat dengan mentimun


Menurut sebuah penelitian, kandungan zat lignan di dalam timun dapat menurunkan risiko penyakit berbahaya, seperti: penyakit jantung dan pembuluh darah. Kabar baik lainnya, mentimun termasuk sayuran yang murah meriah ini yang dapat mengurangi perkembangan sel kanker yang ada di dalam tubuh manusia.

Menariknya lagi, cucurbitacin yang ada pada mentimun mempunyai sifat antitumor pada sel kanker, sehingga zat ini bisa menghambat perkembangan hidup sel-sel kanker dan kemampuannya untuk memperbanyak diri. Bukan hanya itu, faktanya mentimun juga memiliki manfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit. Dan berikut penjelasan selengkapnya:

1. Mentimun Membantu Mengatasi Kulit Berjerawat

Mentimun ternyata mempunyai manfaat bagi kecantikan kulit, salah satunya dapat mengatasi kulit yang berjerawat dan iritasi ringan. Bagaiamana caranya? Kamu bisa mencampurkan air mentimun untuk dijadikan bahan masker wajah. 

Untuk masalah kulit berjerawat, jus mentimun juga mampu membantu mengencerkan essential oil seperti tea tree sehingga meringankan jerawat. Dengan tips ini, Kamu dapat mengatasi masalah kulit berjerawat tanpa membuat kulitmu kering atau menyengat. Selain itu, mentimun juga dapat langsung dioleskan pada permukaan kulit, di atas kulit yang berjerawat, dan bahkan bisa kamu letakkan di balik sheet mask sambil menunggu selesai.

2. Mengatasi Mata Bengkak

Tak satupun dari kita yang ingin matanya terlihat besar atau bengkak. Namun, terkadang karena suatu hal membuat mata kita bengkak atau mempunyai kantong mata. Tapi kamu tak perlu khawatir, seperti yang riset yang dilakukan oleh Australasian College of Dermatologists, bahwa irisan timun dingin yang ditempelkan pada bagian kelopak mata bisa membantumu mengempiskan mata yang bengkak atau kantong mata. Suhu dingin pada mentimun tersebut bisa mengecilkan pembuluh darah dan mengurangi pembengkakan di sekitar mata. Meski demikian, efek dari pengobatan ini hanya sementara.

Aplikasi: Letakkan irisan mentimun dingin tersebut tepat di atas mata dan diamkan beberapa saat. Irisan timun tersebut bisa bertindak seperti kantong es batu yang berguna untuk meringakan bengkak pada kelopak mata. Pasalnya, Kandungan flavonoid dan antioksidan yang ada pada mentimun dipercaya dapat mengurangi pembengkakan, iritasi pada mata.

3. Kulit Terbakar Karena Paparan Sinar Matahari

Akibat sengat matahari yang terlalu lama dapat mengakibatkan luka terbakar pada area wajah seperti bagian dahi, hidung, pipi, dan juga dagu. Mentimun yang di dalamnya terdapat banyak nutrisi seperti air, kalium, sulfat, serta vitamin A dan C dipercaya baik untuk mengobati kulit terbakar karena sengatan sinar matahari.

Caranya cukup mudah, letakkan irisan mentimun pada bagian wajah kamu dan berbaringlah kira kira selama 15 – 20 menit. Setelah itu, kamu bisa mengoleskan pelembap yang berbahan dasar ringan. Cara ini dipercaya mampu mengatasi luka bakar karena sengatan sinar matahari

4. Mengatasi Iritasi pada Wajah

Mentimun ternyata juga mempunyai sifat menenangkan dan mendinginkan kulit. Tentu saja hal ini  sangat bermanfaat bagi kita, terutama yang mempunyai jenis kulit yang kulit sensitif atau teriritasi. 

Tak hanya itu, mentimun juga mempunyai sifat antiinflamasi yang dapat membantu meringankan bengkak ataupun kulit kemerahan pada kulit wajah kamu.

5. Mencerahkan Kulit

Tak hanya sebatas itu saja, ternyata mentimun juga dapat mencerahkan kulit kita. Bagi kamu yang ingin mempunyai kulit yang cerah dan segar, mentimun bisa jadi solusinya. Meskipun belum ada studi atau penelitian spesifik yang menunjukkan bahwa mentimun bisat membantu mencerahkan dan memutihkan kulit. Akan tetapi, mentimun dipercaya dapat membantu proses pergantian sel kulit mati pada bagian kulit bekas jerawat atau flek yang lain. 

Bintik-bintik gelap pada kulit wajah tersebut akan sedikit demi sedikit memudar dan akhirnya hilang. Dengan pergantian sel kulit mati menjadi sel kulit yang baru, maka kulit wajahmu akan terlihat lebih cerah dan segar.

6. Mentimun Membantu Melembabkan Kulit

Air saja yang ada di dalam tubuh tak cukup untuk menjadi pelembap bagi kulitmu. Sehingga kamu butuh pelembab yang dapat mencegah kulitmu menjadi kering. Salah satu bahan pelembah kulit yang alami adalah mentimun. Bahkan perawatan dengan menggunakan air atau jus mentimun ini bisa diaplikasikan sesuai dengan jenis kulit kamu. Faktanya, peneliti telah menemukan bahwa perawatan dengan menggunakan mentimun tanpa pelembap, bisa mengakibatkan penurunan hidrasi pada kulit.

7. Mentimun dapat Mengatasi Penuaan Dini

Perlu diketahui bahwa di dalam mentimun terdapat kandungan vitamin C, K, B, dan asam caffeic yang termasuk zat antioksidan. Dan jika diterapkan pada kulit kita, bisa membantu melawan kerutan, kerusakan akibat sinar matahari, dan penuaan dini pada wajah. Dan bagi kamu yang ingin terlihat awet muda bisa menggunakan mentimun sebagai bahan perawatannya.

Hanya ini yang bisa kami bagikan tentang manfaat mentimun untuk kecantikan kulit.


LihatTutupKomentar