google-site-verification=JSLgCQYxCVKRF93-qPNgVSkvul4V0FSzF1oweO4wWcU 4 Hal Yang Harus Disiapkan Calon Ibu Sebelum Melahirkan

4 Hal Yang Harus Disiapkan Calon Ibu Sebelum Melahirkan

yang harus disiapkan sebelum melahirkan
Ilustrasi: persiapan sebelum melahirkan

Hal yang harus disiapkan sebelum melahirkan. Setiap keluarga baru, pasti ingin segera memiliki momongan. Namun setelah hamil, tak jarang banyak calon ibu muda yang cemas dengan kehamilannya maupun saat proses melahirkan. Mereka merasa cemas sebab belum ada pengalaman dan sering mendengar berita negatif seputar persalinan, seperti bayi lahir dengan cacat atau ibu meninggal saat persalainan. Maka tak jarang calon ibu muda sering mencari informasi baik bertanya pada para ibu yang lain, maupun dari internet.

Melahirkan memang sebuah proses yang sangat ditunggu setelah mengandung selama 9 bulan. Namun hal ini terkadang membuat cemas sebagian calon ibu muda jika tak benar-benar mempersiapkan segala sesuatu dengan baik sebelum proses melahirkan.

4 Hal yang Harus Disiapkan Sebelum Melahirkan


Seperti yang dilansir dari Bidanku.com (17/2/2013), beberapa persiapan harus dilakukan oleh calon ibu muda yang baru pertama kali akan melahirkan, antara lain;

1.Melakukan persiapan sebelum persalinan


Persiapan secara mental

Sebelum melahirkan, salah satu hal yang perlu dipersiapkan, yakni mental. Dengan memiliki mental yang kuat maka kecemasan di dalam diri calon ibu muda akan hilang dengan sendirinya. Perlu diketahui bahwa kecemasan tidak mendatangkan manfaat bagi ibu hamil, malah akan membahayakan janin maupun sang calon ibu itu sendiri. Pasalnya, rasa cemas yang berlebihan dapat mempengaruhi tekanan darah. Dengan tekanan darah yang tidak normal akan membahayakan janin dan sang calon ibu saat persalinan. Untuk itu, sebisa mungkin sebelum melahirkan buat mental dan pikiran dalam kondisi rileks dan tenang. Tujuannya agar proses persalinan berjalan lancar dan semua selamat dan sehat.

Persiapan secara fisik

Tak hanya persiapan mental saja, persiapan secara fisik juga dibutuhkan. Persiapan fisik ini meliputi kondisi kesehatan dari sang calon ibu. Dalam proses persalinan dibutuhkan tenaga yang besar untuk mendorong bayi keluar. Untuk itu sebelum melahirkan sebaiknya isi perut terlebih dahulu agar anda bertenaga saat proses persalinan. Akan tetapi sebisa mungkin juga jangan sampai kekenyangan.

Jenis makanan yang dibutuhkan saat proses persalinan, yakni karbohidrat. Pasalnya karbohidrat berperan sebagai sumber tenaga utama pada tubuh kita. Jenis makanan yang kaya akan kandungan karbohidrat, antara lain; nasi, roti, yogurt, maupun buah-buahan, dilansir dari halosehat.com (18/10/2017).

Namun jika terpaksa harus melahirkan secara cesar, justru dianjurkan untuk berpuasa agar perut tidak terlalu penuh.

Persiapan secara financial

Melahirkan tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit terlebih jika anda terpaksa melahirkan di rumah sakit khusus. Untuk itu persiapkan biaya yang cukup sebelum proses melahirkan. Agar persalinan berjalan dengan lancar dan selamat serta sehat.

Persiapan setelah melahirkan


Tak hanya persiapan sebelum melahirkan saja, calon ibu muda juga harus mempersiapkan berbagai hal setelah melahirkan agar tidak terkena baby blues. Baby blues merupakan suatu kondisi psikis yang dialami oleh seorang ibu setelah melahirkan, yakni berupa ketidaksiapan, ketakutan berlebihan dan ketidakmampuan di awal kelahiran bayi.

Beberapa hal bisa memicu timbulnya Baby Blues ini diantaranya: perubahan hormon, kurangnya komunikasi dengan suami, maupun ketidaksiapan masalah financial. Selain itu, terkadang ibu muda akan merasa dirinya terpenjara karena tidak sebebas ketika sebelum melahirkan.

Baby Blues ini umum terrjadi pada ibu muda kira-kira 1-2 minggu setelah persalinan. Untuk  bisa mengurangi efek Baby Blues ini, usahakan selalu berkomunikasi dengan suami. Dan minta perhatian dan kerjasamanya dalam merawat bayi. Karena di masa awal memiliki bayi, pastinya pasangan suami istri akan lebih sering begadang karena bayi menangis karena lapar maupun ngompol. Maka dari itu, usahakan saling berbagi tugas dengan pasangan untuk bisa menghidari baby blues yang berkepenjangan, dilansir dari friso.co.id (21/11/2016).

Nah, ituah 4 yang harus disiapkan sebelum melahirkan. Dan mudah-mudahan persalinan berjalan lancar dan bayi dan ibunya selamat serta sehat.
LihatTutupKomentar