google-site-verification=JSLgCQYxCVKRF93-qPNgVSkvul4V0FSzF1oweO4wWcU Kamu Harus Tahu, Inilah Efek Samping Makan Buah Pepaya !

Kamu Harus Tahu, Inilah Efek Samping Makan Buah Pepaya !

efek samping buah pepaya
Ilustrasi: buah pepaya


Bahaya, Inilah Efek Samping Buah Pepaya Yang Jarang Diketahui. Banyak yang bilang buah pepaya merupakan buah yang paling segar dan kaya akan manfaat. Buah yang satu ini memiliki rasa yang cukup manis dan menyegarkan pula. Buah ini sangat cocok sebagai makanan pencuci mulut usai kita makan. Selain itu buah pepaya juga mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Fakta Tentang Buah Pepaya


Memang tak bisa dipungkiri bahwa selain manis dan segar buah yang satu ini sangat baik untuk kesehatan. Utamanya buah ini sebagai asupan serat yang tinggi sehingga baik untuk menjaga kesehatan pencernaan. Bagi sobat sehat yang sering mengalami konstipasi, bisa mencoba mengkonsumsi buah pepaya ini. Selain itu buah pepaya juga kaya akan air, sangat baik pula untuk menjaga tubuh kita dari bahaya dehidrasi.

Meskipun buah pepaya banyak mengandung manfaat bagi kesehatan, tak seharusnya kita berlebihan untuk menyantapnya. Apapun yang berlebihan tersebut akan mendatangkan efek samping, tak terkecuali mengkonsumsi buah pepaya ini. Ada ambang wajar dan aman di dalam mengkonsumsi buah pepaya ini. Seperti yang dilansir dari kemkes.go.id (diakses 6/6/2020) bahwa menurut badan kesehatan dunia atau WHO sebaiknya masyarakat mengkonsumsi sayur dan buah sebanyak 400 gram per hari. Yang terdiri dari 250 gram berupa sayur dan 150 gram untuk buahnya. Dan apabila mengkonsumsi buah dan sayur tersebut berlebihan tentu saja akan menimbulkan efek samping.

Efek Samping Buah Pepaya


Seperti yang dilansir dari Merdeka.com (diakses 8/6/2020) bahwa mengkonsumsi buah pepaya secara berlebihan dapat menyebabkan efek samping bagi kesehatan. Salah satu efek samping yang bisa terjadi dari mengkonsumsi buah pepaya ini yaitu sistem pencernaan menjadi terganggu. Meskipun buah pepaya banyak mengandung serat yang baik untuk kesehatan, ternyata apabila jumlah serat yang kita konsumsi berlebihan juga akan menyebabkan masalah pada pencernaan, salah satunya adalah perut kembung dan diare.

Selain dapat menggangu sisitem pencernaan, ternyata mengkonsumsi buah pepaya yang terlalu berlebihan juga dapat memicu pembentukan batu ginjal. Kok bisa ya, buah pepaya menyebabkan pembentukan batu ginjal? Begini penjelsannya, Buah pepaya termasuk salah satu buah yang kaya vitamin C. dan vitamin C ini apabila berlebihan dalam tubuh kita akan menyebabkan pembentukan asam oksalat, Dan asam oksalat inilah salah satu penyebab pembentukan batu ginjal.

Nah, itulah sedikit penjelasan mengenai efek samping buah pepaya. Sebenarnya mengkonsumsi buah pepaya tiap hari itu aman, selama tidak melebihi ambang batasnya. Sebaiknya mengkonsumsi buah pepaya tak lebih dari 150 gram perhari seperti yang telah dianjurkan oleh WHO.

Semoga artikel singkat ini dapat menambah wawasan kita tentang kesehatan, kritik dan saran selalu saya tunggu demi pengalaman dan pengetahuan saya. Saya yakin dalam saya menyampaikan pengetahuan ini masih banyak kekurangan dan kekhilafan saya dengan sepenuh hati mohon maaf. Artikel ini hanya sebagai pengetahuan saja dan sebagai rambu-rambu agar kita lebih berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan, utamanya pepaya. Semoga bermanfaat.

Sekian pembahasan kita tentang Efek Samping Buah Pepaya Yang Jarang kita ketahui. Semoga postingan singkat ini bisa memberikan wawasan untuk kita.
LihatTutupKomentar